Lama orang menahan nafas dalam air????

Posted: April 19, 2011 in fisika, global, umum, world
Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Berapa lama yah seseorang dapat menahan nafas dalam air ?????Onion Head Smiley

Manusia rata-rata bisa bertahan nafas selama 90 detik. tapi dalam praktiknya, sebenarnya manusia bisa menahan nafas maksimal selama 8 menit, karena jika lebih dari 8 menit otak manusia bisa rusak akibat kurangnya pasokan oksigen ke otak. Dan itu bisa berakibat amnesia, struke, kerusakan saraf gerak, dsb. karena otak merupakan sumber pengatur segala aktivitas manusia.

Hal itu juga bergantung pada kapasitas paru-paru. Jika semakin besar kapasitas paru-paru, maka semakin lama juga seseorang dapat menahan nafas di dalam air. Sebuah asosiasi penyelam Inggris menjelaskan, seseorang yang menahan napas dalam air harus dalam kondisi sangat rileks agar tubuhnya tidak banyak mengonsumsi oksigen.

Onion Head Smiley    Pencatat rekor menahan nafas terlama adalah…….


Peter Colat berhasil memecahkan rekor baru menahan napas di dalam air. Pemuda berusia 38 tahun ini mampu mencatat waktu 19 menit 21 detik dan mengalahkan rekor sebelumnya milik warga Italia, Nicola Putignano dengan selisih 19 detik lebih baik. Sukses ini membawa Colat masuk dalam jajaran pemecah rekor dunia di buku Guinness World Records.

Leave a comment